KEUNGGULAN TEKNIK ELEKTRO

Apa Pengertian dari Teknik Elektro ?

 Pengertian teknik elektro adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari sifat-sifat elektron atau sifat-sifat kelistrikan yang kemudian diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Bahasa Inggris dari teknik elektro atau teknik listrik adalah electrical engineering.

    Teknik elektro atau biasa disebut teknik listrik merupakan salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Teknik listrik melibatkan konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

   Orang yang sudah ahli dibidang teknik bisanya disebut Enginer. Enginer elektro memegang peranan penting dalam mengembangkan dan memajukan teknologi tinggi dalam dunia telekomunikasi, energi dan aplikasi lainnya dari perangkat listrik dan elektronik. Enginer elektro juga bekerjasama dengan enginer dari bidang lain, seperti kimia, mesin, dan sipil untuk merancang, mengembangkan dan membantu berbagai macam produk dan jasa seperti sistem distribusi energi, komputer, sistem satelit, radio, sistem radar, mobil listrik, dan masih banyak lagi yang melibatkan komponen listrik dan elektronik.

Apa Manfaat Mempelajari Ilmu Teknik Elektro ?
Di zaman teknologi yang serba canggih ini, kehidupan sehari-hari kita pasti tidak begitu jauh dari perangkat-perangkat elektronik atau listrik, misalnya TV, Radio, Laptop, Handphone, Lampu, dll. maka disinilah ilmu mengenai elektro dapat diterapkan, seperti tentang cara mencegah dan memperbaiki kerusakan pada alat-alat elektronik, cara menginstalasi listrik dengan benar, pembuatan aplikasi pada gadget, dsb. 

    Jadi bagi sobat yang baru ingin mendaftar dibangku pendidikan SMK, Universitas, Politeknik ataupun Institut jurusan teknik elektro, tidak perlu ragu-ragu sebab ilmu ini akan kalian butuhkan di kehidupan sehari-hari baik dalam pekerjaan maupun rumah tangga.

Alasan Memilih Jurusan Teknik Elektro 

Bagi Kamu yang baru saja lulus SMA dan akan melanjutkan kuliah tentu bukan hal yang aneh kalau Kamu merasa bingung dengan pilihan jurusan yang akan Kamu tempuh. Memilih jurusan kuliah memang sudah menjadi masalah klise di kalangan pelajar. Salah satunya mengenai alasan memilih jurusan teknik elektro.
Seperti kita tahu bahwa ada banyak sekali pilihan jurusan yang bisa Kamu pilih. Namun, memilih jurusan juga tidak bisa sembarangan. Kamu harus benar-benar mempertimbangkan pilihan jurusanmu dengan matang. Salah satu pilihan jurusan yang direkomendasikan untukmu adalah jurusan teknik elektro. Berikut adalah 10 alasan memilih jurusan teknik elektro bagi Kamu yang ingin kuliah :
1. Jurusan Yang Keren
Banyak sekali pilihan jurusan keren yang bisa Kamu pilih dan teknik elektro merupakan salah satunya. Jurusan yang satu ini dinilai keren dan merupakan pilihan jurusan yang bergengsi.
2. Passion
Bagi Kamu yang memiliki passion di bidang elektro maka jurusan yang satu ini akan menjadi pilihan jurusan yang sempurna. Seperti kita tahu bahwa kuliah sesuai passion yang dimiliki sangatlah penting.
3. Banyak Tantangan
Bagi Kamu yang gemar menghadapi tantangan maka Kamu bisa memilih jurusan yang satu ini. Seperti kita tahu bahwa jurusan teknik terkenal sebagai jurusan yang menantang dan cukup sulit untuk ditaklukkan.
4. Kunci Perkembangan Teknologi
Teknik elektro adalah salah satu jurusan yang berperan penting dalam perkembangan teknologi. Berkuliah di jurusan teknik elektro akan membuat Kamu ikut berperan dalam perkembangan teknologi di dunia ini.
5. Pacar Idaman
Kuliah di jurusan teknik akan memberikan kebangaan tersendiri. Mahasiswa jurusan teknik disebut-sebut sebagai sosok pacar idaman. Jadi, Kamu bisa memiliki peluang besar untuk mendapatkan jodoh dengan mudah setelah menjadi mahasiswa teknik elektro.
6. Peluang Kerja Baik
Ketika kita memilih jurusan kuliah maka peluang karir akan menjadi pertimbangan utama. Jurusan teknik elektro akan membuka peluang kerja yang cukup besar untukmu.
7. Gaji Besar
Dengan mendapatkan karir yang baik maka Kamu akan berpeluang untuk mendapatkan gaji dalam jumlah yang besar pula. Hal ini tentu sangat dipertimbangkan saat Kamu memilih jurusan demi mempersiapkan masa depan terbaik.
8. Kesempatan Kuliah Lagi
Teknik elektro merupakan salah satu jurusan yang membuka peluang besar untuk Kamu melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi.

Comments

Popular Posts